Monday 4 October 2010

apa arti sebuah CITA-CITA?

dari sejak kita TK, ibu guru selalu nanya : apa cita-cita kalian anak-anak? 
seingatku, aku dulu menjawab dengan jawaban yang sangat teramat klise dari pertanyaan itu, yaitu GURU! 
yaa maklum laah anak kecil. baru juga berapa taun.. uda ditanyain cita-cita. zzz -,-
beranjak SD, mungkin aku masih pengen jadi guru. dan tertempel betul di otak bahwa aku pengen jadi guru. tapi beranjak SMP. mulai remaja, mulai ABG, mulai kenal yang namanya pacaran, mulai pengen nyoba gimana sih pacaran itu.. kayak apa sih? apa yang kayak di sinetron2 itu? mulai nakal, mulai kenal yg namanya nyontek dan banyak lagi. dengan berubahnya seorang aku dari anak kecil menuju remaja, aku udah mulai OGAH untuk jadi guru, karena di fase itu aku juga mulai mengenal tata tertib yang semakin mengikat dan dengan guru2 yang selalu disiplin dan gak mau sedikit pun terpeleset dari nakalnya anak2 yang lalai dengan aturan. maka dari itulah, aku mulai mengubah cita2ku yang semula ingin jadi guru itu. 
then, aku menginjak masa SMA yang notabene adalah masa terindahku :) 
dan dari situ juga aku semakin nggak mau jadi guru. menurutku guru itu flat aja (yaa meskipun banyak guru nggak akan ngomong gini), tapi itulah yang aku liat dari kacamataku. selain flat aja, aku juga ngerasa kayaknya jadi guru capeeek banget gitu. uda ngurusin anak orang yang banyak bandel, usil pulak, meskipun jg banyak yang rajin. yaa intinya, menurutku guru itu gak asik. 
jadilah aku mencoba mencari2 lagi cita-citaku yang sebenar-benarnya dan sekongkrit-kongkritnya! 
tapi jujur, sampai saat ini aku belum bisa menemukan itu. APA YANG SEBENARNYA AKU MAU? APA TUJUANKU UNTUK KE DEPANNYA? 
IYA! aku masih belum bisa nemuin yang sebenarnya. yang bikin aku enjoy, dan aku mencintai itu dengan sangat. entahlah.. 
sekarang aku sudah kuliah di kulia pramugari. sudah jelas kan dari judul kuliah ku? PRAMUGARI! pasti tujuan ke depannya juga jadi pramugari kan? tapi setelah aku pikir2 lagi, apa iya aku yakin mau jadi pramugari? memang, ini bukan inisiatifku masuk di kuliah itu. tapi selain tidak adanya universitas yang bisa dibanggakan lagi, aku juga pengen bikin mama bangga dengan milihin aku kuliah disitu. orang tua pasti memilihkan yang terbaik untuk anaknya. ya! aku yakin itu. mama juga tau yang terbaik untuk aku. 
tapi tapi tapiiii..
di titik ini, di masa ini, di waktu ini, di fase ini, mungkin aku sedang jenuh. lelah dengan hiruk pikuk ny hidupku yang berjalan setiap harinya. oke, di kampus selalu dicamkan bahwa kita harus kerja keras dan disiplin, karena --seperti yang dikatakan ibu pimpinan, kita dididik untuk membentuk mental yang siap bekerja! 
yak! aku suka kata2 itu. aku sangat suka .. tapi mengapa detik ini aku berpikir dan terbesit dipikiranku untuk kuliah biasa saja seperti teman2 yang ada di universitas2 lain, yang memakan waktu sekitar 4-5 tahun untuk lulus? 
SEBENARNYA ADA APA DENGAN AKU? 
padahal di kampus juga aku selalu enjoy dengan teman2. selalu bercanda dengan mereka. dosen2 ny pun selalu kubanggakan. tetapi kenapa pemikiran ini menghampiriku? 
aku tidak mungkin mengcewakan banyak orang di sekitarku. aku tidak mungkin mengecewakan : 
Allah
orang tua 
keluarga
teman2 kampus yang selalu mendukung aku
teman2 SMA yang juga selalu memberikan dukungan
dosen2 yang juga selalu memberikan pelajaran, motivasi dan dorongan2 untuk aku dan teman2
dan juga, pacar. 
apa kata dunia bila aku mengecewakan mereka smua? :( 
ouh.. 
dilema benar pemikiranku. dan aku juga sadar satu hal, bila aku semakin memikirkan ini, ini juga bisa mempengaruhi berat badanku >,< padahal aku lagi giat2 ny naikin berat badan. mmm okay sorry rada melenceng dikiit :D
well, aku masih belum tau soal cita-citaku yang sebenarnya. entahlah.. 
biar aku jalani dan nikmati dulu hidup yang sudah aku jalani sampai saat ini. entah jawaban apa yang menantiku nanti. 
tapi aku sungguh ingin TERBANG! karena bila aku sudah bisa terbang, berada di satu maskapai, semua orang yang kusebut juga akan tersenyum senang, bahagia dan bangga :)
tapi kenapa sebagian hatiku juga menentang?! '

ya Allah, aku mohon hidayahMu.. berilah aku pencerahan ya Allah.. amin. 

at last, aku bakal temuin jawaban ny nanti..

 

No comments:

Post a Comment